Belajar : Membuat Warnet Zencafe

Setelah mengenal apa itu Zencafe, sudah saatnya kita membahas mengenai beberapa keunggulan yang dimiliki sistem operasi Open Source ini.

Zencafe pada umumnya digunakan pada 2 bidang, yakni office maupun warnet. Nah, yang akan kita kupas secara mendalam adalah bagaimana penerapan sistem operasi Zencafe di dunia internet, dalam hal ini adalah 'Penerapan Zencafe menjadi Sebuah Operator Warnet'. Bagus kan? lanjut.....

Sudah saatnya sistem operasi Open Source menjadi salah satu modal utama dalam membangun usaha menggiurkan warnet. Mengapa? selain sistem operasi Open Source bersifat 'gratis/tak berbayar' keuntungan lainnya adalah para pengguna Open Source dituntut kreatif dalam memodifikasi operasi sistem itu.

Zencafe merupakan salah satu sistem operasi Open Source berbasis Unix/Linux yang digemari oleh para pemilik warnet pada umumnya. Selain Zencafe, memang banyak beberapa distro lainnya seperti Ubuntu, Kubuntu, RedHat (walaupun saat ini telah berbayar), dan sebagainya.

Menurut pengalaman saya, warnet dengan basis penggunaan sistem operasi Unix/Linux memiliki keunggulan yang terlihat menonjol, beberapa diantaranya :

1. Koneksi lebih cepat
Hal ini disebabkan karena pengkodean Unix/linux merupakan generasi pertama sebagai pengkodean dasar dalam pengolahan sistem operasi, maka dari itu program opensource tidak terbebani dengan tugas memori seperti halnya yang terjadi di OS Win***s.

2. Software penunjang lebih lengkap
Zencafe memang cenderung dibuat untuk keperluan warnet. Saat diinstal, maka beberapa program internet telah tersedia. Seperti Mozilla Firefox, Deepfreeze ala Linux, bahkan Billing pun ada.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 comments:

  1. makasih infonya, walaupun rada gak ngerti. hehe...

    ReplyDelete
  2. mungkinkah suatu saat nanti OS ini akan berbayar? bila banyak peminatnya?
    baca artikelnya menarik juga untuk dicoba.
    thanks sharingnya.

    ReplyDelete
  3. aq mau mendirikan usahawarnet masih terhalang dana, ati karep bondo cupet

    ReplyDelete
  4. Nice information and thanks for shared my friend,really very useful...:D

    ReplyDelete
  5. wahh,, mantebb jga ya os open source itu..

    ReplyDelete
  6. mantaf, open source sebenarnya adalah pilihan yang terbaik: simpel, aman dan free. karena sering beberapa Warnet yg masih pake W pada kelabakan kalau ada 'si Komo' lewat :D

    ReplyDelete
  7. Wah bagus nih sob..

    Salam kenal n sukses selau...


    Oh ya anda sudah saya follow..follow balik ya??hehe...

    ReplyDelete
  8. manstab nih

    Anda sudah ku follow, follow balik yah

    ReplyDelete
  9. Anda sudah ku follow, follow balik yah

    ReplyDelete
  10. kalo instal printer yang belum ada di dalamnya gimana caranya yah??? punyaku canon pixma MP276 n pake driver MP270. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih teman-teman. Maaf, baru terbangun dari kevakuman. Sekarang aktif lagi deh. Jangan kapok komentar disini ya. Salam Blogger. :D

    ReplyDelete